"Hidup ini jangan monoton. Sekali-sekali nonton hiburan yang memberi semangat, idealisme dan harapan"
Yusuf Kalla

Tidak hanya meminta untuk selalu bekerja, tetapi ibu Yuni juga ingin sekali-kali bisa mengajak karyawan Omochatoys untuk jalan-jalan bersama. Karena beberapa dari karyawan belum pernah ke Ancol, ibu Yuni ingin bisa mengajak para karyawan ke Ancol. Pada tanggal 20 Juli 2010 keinginan tersebut, Alhamdulilah bisa terealisasi, ibu Yuni dan seluruh karyawan piknik bersama ke Ancol. Bagi yang sudah berkeluarga, mereka boleh mengajak keluarganya.


Ibu Yuni dan karyawan Omochatoys

Karyawan Omocha senang main bola. Mereka setiap hari Selasa sore menyewa lapangan di dekat workshop dan bermain sepak bola di sana. Kadang-kadang mereka juga bertanding sepak bola dengan grup lain. Saat ke Ancol pun mereka tidak lupa membawa bola. Begitu tiba di Ancol, setelah foto bersama mereka langsung main bola di laut. Selain suka main bola mereka juga suka musik.

 
Sedang main bola di laut

Setelah acara makan siang, diadakan acara pemilihan karyawan teladan dan terkreatif. Pemilihan dilakukan oleh dan terhadap seluruh karyawan. Setiap karyawan memberi satu nama (tidak boleh nama sendiri) yang menurut mereka adalah karyawan teladan dan terkreatif. Terpilih sebagai karyawan teladan urutan satu sampai tiga masing-masing adalah Acung, Roni dan Mang Aep. Acung adalah leader finishing, Roni dan Mang Aep adalah staf.

Terpilih sebagai karyawan terkreatif urutan satu sampai tiga masing-masing adalah Luki, Indra dan Asep. Luki adalah mandor (penanggung jawab produksi), Indra adalah leader sizing (pembahanan), dan Asep adalah staf. Para pemenang mendapat hadiah dari bu Yuni. Selain mendapat hadiah dari bu Yuni, Acung dan luki juga mendapat hadiah dari karyawan lainnya, yaitu dipanggul bersama dan dibawa kelaut. Selanjutnya silakan pembaca bayangkan sendiri, kira-kira apa yang dilakukan oleh mereka.


Karyawan teladan, mas Acung sedang menerima hadiah dari bu Yuni


Karyawan Teladan (Acung) dan Terkreatif (Luki)

Tidak ada acara khusus yang dirancang untuk piknik bersama ini. Tetapi bagi para karyawan Omochatoys, acara piknik ini merupakan acara yang sangat istimewa. Salah seorang istri karyawan, bilang ke bu Yuni, dia senang sekali bisa ikut ke Ancol. Dia baru pertama kali lihat laut. Ada juga karyawan yang bilang, anaknya senang sekali berenang di Ancol, nanti kalau punya uang, dia akan mengajak lagi jalan-jalan keluarganya. Sebetulnya keinginan untuk bisa jalan-jalan dengan para karyawan sudah lama diniati oleh bu Yuni. Keinginan untuk bisa ke Ancol dengan para karyawan juga sudah dipaparkan pada artikel terdahulu. Selain jumlah karyawan yang telah bertambah, fasilitas pada piknik kali ini, Alhamdulilah bisa melebihi ekspetasi dari yang tertulis pada artikel tersebut. Pada piknik kali ini, Omochatoys menyewa bus dengan 60 kursi, ber-AC, tersedia kulkas, ada karaoke dan ada kursi dengan mesin pijat. Menurut perusahaan bus, bus yang disewa adalah bus kelas Maestro.

Karena bus merupakan ruang tertutup dan ada anak-anak di dalam bus, para karyawan dilarang merokok di dalam bus. Dalam perjalanan berangkat, para karyawan terlihat gairah. Dari sejak berangkat sampai Ancol, suasana dalam bus penuh dengan canda dan tawa. Dalam perjalanan pulang, karena cape semua karyawan tidur di bus. Ibu Yuni dan segenap karyawan Omochatoys mengucapkan terima kasih kepada bus pariwisata Kerub, catering ibu Bambang dan Taman Impian Jaya Ancol atas kerjasamanya. Semoga dengan piknik ini, karyawan bisa refresh dan tambah semangat bekerja. Amin.

----***----

Lihat artikel seri memulai bisnis lainnya