Distributor kreatif. Semakin lama menekuni dunia mainan edukatif, kami makin tahu bahwa ternyata Omochatoys memang masih skala rumahan. Mengutip cerita Banjir di Musim Gugur, skala Omochatoys adalah seperti tumbuhan kecil di sebuah gunung besar atau sebuah kerikil di antara bumi dan langit. Di negara tetangga kita, di Thailand ada beberapa produsen mainan edukatif yang terkenal. Antara lain, Plan Toys dan Wonderworld Toys. Mereka mempunyai pabrik yang luas, mesin-mesin yang bagus, dan mereka juga mengelola hutan untuk ketersediaan bahan baku. Luar biasa. Video di bawah adalah tentang Plan Toys dan Wonderworld Toys.

Plan Toys

Ada juga video, saat Plan Toys diliput oleh sebuah stasion televisi Thailand. Di pabrik Plan Toys terlihat bahwa staf yang berkebutuhan khusus juga bisa bekerja dengan baik.


Wonderworld Toys

Distributor kreatif. Dari video-video tsb, terlihat jelas bahwa dalam dunia mainan edukatif ini, Omochatoys masih sangat-sangat kecil. Masih banyak yang harus Omochatoys pelajari. Beberapa waktu yang lalu, sempat terjadi komunikasi antara Omochatoys dengan kedua produsen di atas. Mereka menceritakan bahwa saat ini kapasitas produksi mereka sudah sangat penuh. Waduh, dengan fasilitas mereka yang seperti itu saja, kapasitas produksi tidak mengejar. Lalu bagaimana dengan Omochatoys yang masih skala rumahan? Bisa dipahami kalau “kadang-kadang” (dibaca sering), stok produk Omochatoys menjadi kosong. Kami bersyukur mengetahui bahwa ternyata kami masih industri skala rumahan. Dari sudut pandang positif, berarti pilihan kesempatan (jalan) Omochatoys untuk berkembang masih banyak.

Selain tentang produksi, juga dibicarakan tentang hal-hal lain. Terbatas tentang hal produksi saja, pelajaran yang kami dapat dari video di atas, cerita dari orang dan komunikasi dengan mereka adalah:

Fasilitas yang mereka punya sudah besar. Dengan fasilitas yang demikian pun masih belum mencukupi. Bisa ditarik kesimpulan, bahwa memang ada kebutuhan yang tinggi terhadap mainan edukatif. Ada peluang untuk mengisi kebutuhan tersebut.

Di sini, peran Omochatoys dan peran distributor sudah cukup jelas. Omochatoys sebagai produsen, distributor sebagai pelaku distribusi. Ayo tetap semangat untuk mengisi peluang tersebut. Walaupun kecil, kita boleh merasa sedikit bangga (bukan rasa sombong lho...) jika kita bisa berkontribusi terhadap keluarga dan lingkungan sekitar. Sebab itu hal yang baik. Sudah tentu, kita juga tidak boleh lupa tetap bersyukur. 

Di Eropa juga ada produsen mainan edukatif, yaitu Haba. Karena di Youtube juga ada videonya, sekalian saja dilink di situs ini.

Haba

Distributor kreatif, ada banyak hal positif jika kita mau belajar dari pelaku usaha lain. Baik usaha sejenis maupun yang berbeda. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Mari kita berpikir positif saja. Dengan kita mau belajar, setidaknya kita akan mengetahui:

  1. Bahwa selalu masih ada peluang
  2. Dengan mengetahui bahwa ada yang jauh lebih besar dari kita, kita tidak boleh sombong. Kita juga akan termotivasi untuk menjadi lebih baik dari sekarang.
  3. Dengan mengetahui bahwa ada yang sedikit lebih kecil dari kita, kita akan bersyukur.

Distributor kreatif, ada kutipan dari Dalai Lama.

  • Hati-hati dengan pikiranmu, karena itu akan jadi ucapanmu.
  • Hati-hati dengan ucapanmu, karena itu akan jadi tindakanmu.
  • Hati-hati dengan tindakanmu, karena itu akan jadi kebiasaanmu.
  • Hati-hati dengan kebiasaanmu, karena itu akan jadi karaktermu.

Pola pikir sangat terkait dengan karakter. Karakter positif bisa membuat pikiran positif. Demikian pula sebaliknya.

Dalam agama islam, diajarkan bahwa segala sesuatu tergantung dari niatnya.

Distributor kreatif, berniat dan berpikir, baik positif maupun negatif adalah pilihan kita.

Ayo kita berniat dan berpikir positif Cool.

____ooo____