Serba-serbi bisnis di Dunia Nyata dan Dunia Maya.

Studi kasus pengalaman usaha Omochatoys

Setidaknya ada dua dunia di mana manusia dapat melakukan bisnis. Yaitu dunia nyata dan dunia maya. Ada juga cerita tentang dunia halus, tetapi karena penulis tidak mengerti tentang dunia tersebut, bahan untuk artikel ini dibatasi pada dua dunia yang terlebih dulu disebut di atas.

Bisnis di dunia nyata sudah dilakukan sejak jaman dulu kala. Perdagangan diawali dengan tukar menukar barang, kemudian setelah konsep mata uang didefinisikan, mata uang dipakai sebagai alat transaksi pembayaran.

Bisnis di dunia maya berkembang mengikuti kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Internet, intranet, ethernet, surel, sosial media, e-commerce, messenger, VOIP, search engine dll. adalah contoh produk-produk hasil kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Sesuai namanya aplikasi e-commerce mewakili bisnis di dunia maya dengan internet sebagai media.

Bisnis di dunia nyata dan dunia maya, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tabel 1 memperlihatkan kelebihan dan kekurangan berbisnis pada dua dunia tersebut.



Dunia NyataDunia Maya
Kelebihan

Transaksi Real Time

Pembeli langsung lihat barang

Tidak sulit memulai (Bisa dengan pasang meja di depan rumah, gelar lapak di pasar kaget, keliling dll)

Waktu penjualan 24/7/365 (24 Jam)

Lingkup area penjualan/promosi luas

Tidak sulit memulai (Bisa dengan blog gratisan, sosial media seperti facebook, twitter dll.)
Kekurangan

Waktu penjualan terbatas

Lingkup area penjualan/promosi terbatas

Transaksi ada delay

Pembeli tidak lihat produk secara riil

Tabel 1. Kelebihan dan kelebihan bisnis dunia nyata dan dunia maya

Kelebihan yang significant pada bisnis dunia maya dari dunia nyata adalah lingkup area penjualan/promosi yang luas. Dengan melakukan bisnis di dunia maya adalah sama dengan melakukan promosi produk kita.

Sedangkan keunggulan bisnis dunia nyata terhadap dunia maya adalah soal timing. Pada bisnis dunia nyata transaksi berjalan Real Time.


BISNIS DI DUNIA NYATA

Gambar 1. memperlihatkan alur bisnis di dunia nyata terhadap sumbu waktu.

Gambar 1. Alur bisnis di dunia nyata

Seperti gambar di atas, bisnis di dunia nyata sangatlah simple, pembeli datang, lihat, bayar, kemudian terima barang. Bisnis di dunia nyata simple, tetapi lingkup area penjualannya juga terbatas, yaitu sebatas luas area tempat kita berjualan. Oleh karena itu, beruntunglah jika Anda bisa berjualan ditempat yang ramai. Karena kemungkinan pengunjung ke tempat Anda juga akan ramai.


BISNIS DI DUNIA MAYA

Berbeda dengan bisnis di dunia nyata, seperti yang ditulis di atas, keunggulan significant dari bisnis dunia maya terhadap dunia nyata adalah area promosi/penjualan yang sangat luas, di mana ada penduduk yang terkoneksi dengan internet maka penduduk tersebut adalah merupakan prospek pembeli. Sedang, seperti yang kita tahu, bahwa penguna internet terus bertambah. Saat ini, bagi sebagian orang internet sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk membantu melakukan berbagai aktivitasnya.

Bisnis di dunia maya bisa dimulai dengan membuat akun di sosial media seperti facebook, twitter dll, atau blog-blog gratisan, atau dengan sedikit modal bisa juga kita membuat situs web dengan nama domain yang kita sukai. Sulit dan mudah itu relatif, tapi dengan sedikit usaha, kita dapat memulai bisnis di dunia maya.

Pembaca yang budiman, betul bahwa memulai bisnis di dunia maya relatif tidak sulit. Tetapi setelah memulai, bagaimana? Bagaimana dengan proses bisnisnya? Itu yang mungkin perlu dicermati. Kita mulai dengan kliping surat pembaca di harian kompas online tanggal 31 Juli 2012 tentang bisnis online (Gambar 2).



Gambar 2. Surat Pembaca tentang bisnis online


Perusahaan yang dibicarakan pada surat pembaca di atas adalah perusahaan besar dan sudah mempunyai reputasi. Hal yang sama dapat juga terjadi pada perusahaan lain yang berbisnis di dunia maya. Termasuk Omochatoys. Dari surat pembaca ini, bisa dimengerti bahwa transaksi di dunia maya tidak sesimple yang dipikirkan. Pasang website terus langsung bisa jualan. Ada satu masalah besar di bisnis ini yaitu ketersediaan stok yang tidak pasti. Ketersediaan stok tidak pasti ini diakibatkan oleh karena pihak terkait dipisahkan oleh ruang dan delay waktu transaksi.

1. Pedagang dan pembeli berada di ruang terpisah. Pembeli tidak bisa melihat produk. Pembeli membeli berdasarkan trust kepada pedagang.

2. Ada delay waktu transaksi. Saat pembeli lihat produk dipajang, saat itu mungkin memang masih tersedia, tetapi saat pembeli melakukan transaksi, tidak tertutup kemungkinan pada saat yang bersamaan/berdekatan ada pembeli-pembeli lain yang juga melakukan transaksi sehingga, produk menjadi kosong.

Gambar 3 memperlihatkan alur bisnis di dunia maya terhadap sumbu waktu.

Gambar 3. Alur bisnis di dunia maya

Alur bisnis di dunia maya adalah, pembeli datang ke situs, lihat foto, konfirmasi, transfer, cek resi dan tunggu kiriman. Sedang dipihak penjual adalah, hitung ongkos kirim, cek transfer, bikin bon, packing, kirim pesanan dan informasikan no resi.

Terkait stok yang tidak terlihat, perbedaan ruang dan timing ini, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan dan disikapi. Yaitu: 1) Jeda waktu konfirmasi dari Omocha dan Transfer dari pembeli, 2) Kecepatan pelayanan.


Hal Pertama: Jeda Waktu

Setelah  Omochatoys memberi info ketersediaan barang, ongkos kirim dan total yang harus ditransfer, berapa lama pembeli akan transfer?


Gambar 4. Berapa lama jeda waktu antara konfirmasi dan transfer

Ada beberapa kemungkinan yang mungkin timbul sehubungan dengan lama waktu transfer.

Contoh pemisalan kasus:

Stok ada tetapi tidak banyak. Misalkan, puzzle Jam Aktifitas tinggal 5 buah.

Ada beberapa pembeli yang menginginkan produk tersebut. Misalkan, ada 4 pembeli yang menginginkan puzzle Jam Aktifitas. Pembeli A ingin 2 buah, Pembeli B ingin 1 buah, Pembeli C ingin 3 buah, Pembeli D ingin 5 buah.

Kemungkinan 1 : Pada saat, pembeli A, B, C dan D konfirmasi stok, benar produk masih ada, tetapi jika pembeli D transfer lebih dulu, maka pembeli A, B dan C tidak kebagian.

Kemungkinan 2 : Jika pembeli A transfer lebih dulu, kemudian pembeli D transfer, maka untuk pembeli D, puzzle Jam Aktifitas tinggal tersisa 3 buah. Omochatoys akan menghubungi pembeli D, dan memberitahu stok tinggal 3 buah, jadi diambil atau tidak? Kelebihan uang 2 buah puzzle bisa ditransfer balik atau ditukar produk senilai. Jika pembeli D tetap ingin ambil, maka stok habis. Info produk di situs Omochatoys ditulis Sold Out.

Kemungkin lainnya : Akan ada banyak kemungkinan, mungkin saja pembeli B atau C yang lebih dulu transfer. Mungkin saja ada pembeli yang kebetulan datang ke showroom Omochatoys dan langsung membeli produk tersebut.

Karena ada banyak kemungkinan seperti ini, Omochatoys ambil yang pasti-pasti saja. Yang lebih dulu transfer akan kami dahulukan. Produk akan kami siapkan setelah pembayaran kami konfirmasi terlebih dahulu.

Di dunia ini, tidak ada yang sempurna, tidak ada yang pasti. Penulis dengan sengaja menggunakan kata "pasti-pasti saja" (dimiringkan) untuk menggambarkan kondisi yang mendekati pasti. Penulis rasa, tidak hanya dari sisi pedagang, dari sisi pembeli tentu juga mempunyai perasaaan yang sama, yaitu ingin melakukan transaksi yang pasti-pasti saja. Merupakan tantangan bagi pedagang untuk menciptakan kondisi jualan/perdagangannya mendekati kepastian.


Hal kedua : Kecepatan Pelayanan

Hal lain yang perlu dipikirkan adalah, bagaimana pelayanan yang dapat/harus diberikan, setelah pembeli memberi tahu bahwa dia telah transfer. Mulai dari cek transfer, bikin bon, packing, hubungi ekspedisi, kirim barang sampai dengan menginformasikan no resi kepada pembeli.


Gambar 5. Pelayanan yang perlu dipikirkan

Omochatoys telah mengembangkan sebuah aplikasi sederhana untuk mengelola hal-hal tersebut di atas. Tujuan utama aplikasi ini adalah cek dan ricek. Cek apakah untuk barang yang keluar betul sudah diterima transferannya, dan ricek apakah semua uang yang masuk sudah dikirim barangnya. Jangan sampai uang sudah masuk, tetapi tertinggal kirimannya.

Gambar 6 dan gambar 7 memperlihatkan tampilan aplikasi cek dan ricek sederhana tersebut.


Gambar 6. Aplikasi Form Input Informasi Transfer


Gambar 7. Tampilan Informasi Transfer. Digunakan untuk cek dan ricek

Setelah barang pesanan dikirim, tidak kalah penting adalah menginformasikan kepada pembeli bahwa barang sudah dikirim dengan cara yang mudah dan cepat. Dengan cara mudah dan cepat atau dalam bahasa lain pembeli dapat mengecek sendiri apakah kirimannya sudah dikirim atau belum, jika sudah, maka berapa no resinya. Di situs Omochatoys, telah dipasang aplikasi Informasi Pengiriman, sehingga ketika Customer Service Omochatoys terima no resi, dia dapat langsung menginput no resi tersebut, yang outputnya dapat dilihat di menu Informasi Pengiriman.

Gambar 8 memperlihatkan output Informasi Pengiriman di situs Omochatoys. Melalui aplikasi ini fungsi cek dan ricek juga dilakukan. Pemesan dapat mengecek apakah pesanannya sudah dikirim atau belum. Kemudian, pemesan diminta untuk melakukan ricek ke Omochatoys, jika dalam satu atau dua hari kerja setelah konfirmasi transfer, nama pemesan belum tercantum. Pemesan merupakan pengecek terbaik !!!

Pada aplikasi ini, fungsi searching juga disediakan. Dapat dilihat bahwa beberapa distributor Omochatoys melakukan repeat order. Repeat order menunjukkan bahwa pembeli cukup nyaman dengan pelayanan Omochatoys. Repeat order merupakan testimony tak terbantahkan.


Gambar 8. Informasi Pengiriman


PENUTUP

Pembaca yang budiman, sebatas berdasarkan pengalaman usaha Omochatoys, telah ditulis artikel tentang bisnis di dunia nyata dan dunia maya. Omochatoys ingin sharing pengalaman. Kendala dalam pelayanan yang pernah dihadapi, dan bagaimana Omochatoys mencari solusi untuk kendala tersebut. Sudah tentu, sama dengan pelayananan Omochatoys yang masih banyak kekurangan, solusi tersebut masih jauh dari sempurna, akan selalu ada yang perlu diperbaiki serta diimprovisasi. Ada banyak penyedia mainan edukatif di Indonesia. Sambil terus belajar dan memperbaiki sistem serta mengembangkan diri dalam berbisnis, Omochatoys senang, jika bisa menjadi salah satu alternatif penyedia mainan edukatif bagi pembaca. Terima kasih.

____ooo____

Lihat artikel lainnya.