Mainan Edukatif Dari Kayu Produksi Omochatoys Aman untuk Anak

Play and Learn With Toys adalah motto dari Omochatoys. Bermain dan Belajar Dengan Mainan.

Setiap anak pasti suka bermain dan setiap orang tua pasti ingin anaknya cerdas, kreatif dan sehat. Lalu bagaimana menggabungkan kedua keinginan yang sangat baik itu?

Tentunya dengan memberikan anak kita permainan yang mencerdaskan dan merangsang kreatifitas. Selain anak kita bisa bermain dengan ceria, permainan itu juga bisa melatih kecerdasan, kreatifitas dan tentunya tidak merusak kesehatan anak (aman untuk anak). Selain mainan yang baik, pastikan anak kita juga dapat asupan nutrisi yang baik.

Melihat besarnya kebutuhan akan mainan yang bersifat edukatif ini maka Omochatoys membuka home industri yang memproduksi mainan edukatif dengan bahan baku dari kayu. Workshop Omochatoys berlokasi di Sindang Barang Jero, Pilar 2, Bubulak, Bogor Barat.

Omochatoys sangat memperhatikan masalah fungsi dan keamanan mainan, karena konsumen Omochatoys adalah anak-anak generasi penerus bangsa yang tentunya harus cerdas, kreatif dan sehat.

Dari segi desain, mainan yang Omochatoys buat harus dapat melatih kreatifitas anak, melatih motorik halus dan kasar, serta melatih konsentrasi. Yaitu, permainan yang dapat mengoptimalkan fungsi otak kiri dan otak kanan.Dari segi keamanan Omochatoys membuat mainan yang sudah dihaluskan, bagian-bagian yang runcing ditumpulkan dan tentunya menggunakan pewarna atau cat yang aman untuk anak.

Untuk soal finishing dan pengecatan Omochatoys tidak mau main-main. Cat yang Omochatoys gunakan adalah non-toxic dan sudah mendapat sertifikat dari Sucofindo serta telah lulus tes sesuai standar Amerika (ASTM) dan Eropa (EN).

Di bawah adalah gambar sertifikat hasil testing terhadap mainan Omochatoys dari laboratorium Sucofindo. ASTM F-963-09 adalah standar untuk keamanan mainan (Standar Consumer Safety Specification For Toy Safety) di Amerika Serikat. Sedang EN-71-3 adalah standar keamanan di Eropa (European Standard). Dari hasil test (Conclusion) terlihat bahwa mainan Omochatoys telah memenuhi persyaratan (comply) yang diminta oleh kedua standar tersebut.

Analisa dilakukan dengan alat yang bernama Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS).


Cat yang Omochatoys gunakan adalah cat water base (berpengencer air).  Karena berpengencer air, cat hanya mengeluarkan emisi pelarut organik yang sangat rendah, di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh peraturan internasional. Selain itu cat tersebut tidak berbau (No Odor) dan tidak mengandung formaldehyde sehingga aman untuk tukang cat (aplicator) dan untuk konsumen (anak-anak).

Omochatoys, sebagai salah satu pelaku usaha mainan edukatif skala UKM, dengan segala keterbatasannya berusaha memproduksi mainan yang bermutu dan aman bagi konsumen.

Karena besarnya permintaan dari konsumen akan mainan edukatif yang aman untuk anak dan keterbatasan kami dalam pemasaran, maka Omochatoys membuka peluang usaha untuk menjadi distributor yang dapat memasarkan produk kami untuk seluruh wilayah Indonesia. Syaratnya sangat ringan, yang terpenting ulet, pantang menyerah, berjiwa pengusaha dan menyukai anak-anak.