Pengunjung-situs-Omochatoys yang baik.

Terima kasih selalu atas kunjungannya.

Seperti kita ketahui ... ada banyak jenis mainan edukatif. Seperti puzzle, balok dlsb. Juga sudah banyak literatur, tentang kegunaan mainan edukatif.

Salah satu jenis mainan edukatif ini adalah Sempoa. Pada artikel ini akan sedikit dibahas tentang Sempoa. Baiklah kita mulai dari apa itu Sempoa.

Sempoa adalah permainan edukatif yang bagus. Selain sebagai mainan edukatif, sempoa juga berguna sebagai alat hitung.

Hmm ...., mungkin kalimat di atas terbalik. Bisa jadi kalimat yang benar adalah:

Sempoa adalah alat hitung yang bagus. Selain sebagai alat hitung, sempoa juga bisa berguna sebagai mainan edukatif.

Menurut pembaca sendiri bagaimana? Mana yang lebih dulu, sempoa sebagai alat hitung atau sebagai permainan?

Sejarah sempoa sudah lama sekali. Tercatat sejak jaman Mesopotamia (2700-2300 Sebelum Masehi), sempoa sudah dipakai sebagai alat hitung [1]. Sempoa Mesopotamia berbasis bilangan 60 (sexagesimal). Ada banyak jenis sempoa. Gambar dibawah memperlihatkan gambar-gambar sempoa dari beberapa negara.

Sempoa Rusia
Sempoa Jepang
Sempoa China  

Di Jepang Sempoa di sebut dengan soroban, di China disebut dengan suànpán, sedang di Rusia disebut dengan schoty.

Cara pemakaiannya juga berbeda. Pada soroban, sempoa dibagi menjadi dua bagian. Bagian atas disebut dengan langit, terdiri dari satu manik. Bagian bawah disebut dengan bumi terdiri dari 4 manik. Bagian atas manik bernilai 5, bagian bawah manik masing-masing bernilai satu.

Gambar di bawah memperlihatkan pemakaian soroban. Pada gambar sebelah kiri, soroban menunjukkan kondisi nilai nol, sedang gambar sebelah kanan, soroban menunjukkan nilai 6.


Contoh Pemakaian Soroban

Gambar di bawah memperlihatkan, soroban dari nilai 0 sampai dengan 9 [2].


Contoh Pemakaian Soroban nilai 0 s/d 9

SEMPOA dan ABACUS

Sempoa dalam bahasa Inggris disebut dengan Abacus.

Ahli bahasa berpendapat kata ini berasal dari bahasa Yunani “Abax” yang berarti tabel diatas debu atau pasir. Ada juga yang berpendapat mungkin berasal dari bahasa Ibrani “Abau” yang berarti debu. Atau mungkin juga berasal dari bahasa Fenisia “Kataabak” yang berarti pasir.

Sejak jaman dulu kala, manusia suka bermain di pasir. Gambar di bawah memperlihatkan, putri-putri bu Yuni ketika sedang bermain di pasir.

Anak-anak bu Yuni sedang bermain di pasir

Gambar di atas, diambil saat bu Yuni dan keluarga sedang piknik ke pantai dua tahun lalu. Tidak dengan sengaja diambil untuk dipakai pada artikel ini. Tetapi karena berbicara tentang pasir, maka dipakai saja. Anak-anak bermain sambil coret-coret. Dan mungkin juga orang dulu, sambil bermain menandai jumlah dengan mencoret di pasir. Jadilah alat bantu hitung disebut dengan AbacusJadi memang belum jelas, bermain dulu atau menghitung dulu ya.

Penulis rasa, diskusi tentang mana yang lebih dulu, sempoa sebagai alat bermain atau alat berhitung, sudah cukup. Karena situs ini adalah situs tentang mainan edukatif, tentunya fungsi sempoa sebagai alat bermain yang akan dibahas.

Sebagai alat hitung, kemampuan sempoa sudah tidak diragukan lagi. Sebagai alat permainan edukatif, sempoa adalah permainan yang sangat berguna. Di Omochatoys istilah Sempoa dan Abacus keduanya dipakai. Gambar-gambar di bawah memperlihatkan contoh pemakaian istilah sempoa dan abacus di Omochatoys.

Gambar di bawah memperlihatkan contoh Sempoa yang Omochatoys produksi.


Sempoa Berdiri

Permainan Sempoa yang Omochatoys produksi, tergantung cara mainnya mempunyai fungsi:

Pengenalan Warna

Konsep Kanan dan Kiri

Motorik halus

Jika ditidurkan menyamping, bisa dipakai untuk mengenalkan konsep atas - bawah

Pengenalan gravitasi.

Belajar berhitung

dlsb

Cara mainnya:

Orang tua bilang, ayo gerakkan keping ke kanan.

Atau

gerakkan keping merah ke kanan

Hitung Yuk ...... 1...2....3... 4 dst

Buat anak jenius.... bisa langsung masuk ke satuan puluhan mungkin ratusan....

yang merah adalah satuan puluhan yang kuning satuan biasa.

Jadi satu merah dan satu kuning berarti sebelas dst

Yang jelas, sambil menggerakkan keping sempoa, motorik anak dilatih .....

dlsb

Di Omochatoys, istilah Abacus dipakai pada mainan menyusun keping pada pasak tegak. Gambar di bawah memperlihatkan contoh Abacus yang Omochatoys produksi.

Abacus Kubus Abacus Geometri

Cara bermain Abacus:

Seluruh keping dibongkar dahulu.

Anak mengembalikan keping tersebut ke pasaknya.

Orang tua bilang "Ayo masukkan yang warna merah dulu", sambil menunjuk yang warna merah"

Atau, "Ayo masukkan yang warna biru dulu", sambil menunjuk yang warna biru.

Atau, "Sambil berhitung, 1 ... 2 ... 3, masukkan keping ke pasak"

dlsb.

Fungsi Abacus adalah ....

Melatih motorik halus, buat kita orang dewasa, tentu mudah memasukkan keping ke pasak. Tetapi untuk anak balita, belum tentu langsung bisa. Disitulah pentingnya stimulasi.

Pengenalan warna, sambil kita berbicara dan menunjuk ... yang warna merah .... yang warna biru .... mata dan kuping anak melihat dan mendengar, otak terstimulasi, anak berlatih pengenalan warna.

Fungsi lainnya masih banyak .... Omochatoys serahkan ke distributor ya ....

Atau jika ingin memfokuskan dulu pada gerakan motorik, bisa digunakan Abacus Bola Natural.

dlsb

Distributor kreatif, seperti juga permainan balok, ada yang natural dan ada yang warna. Demikian pula pada Abacus. Kadang konsep natural (tanpa warna) pun penting. Dengan kondisi natural tanpa warna, bagaimana anak berimajinasi... itu perlu bukan? Gambar di bawah memperlihatkan mainan Abacus Bola Natural.


Abacus Bola Natural

Sekitar tahun 2009, Omochatoys juga pernah mendapat order Abacus Tegak dan Meronce. Spesifikasi Abacus tegak saat itu adalah sebagai berikut:

Bagaimana membuat produk dan seperti apa diserahkan pada imajinasi Omochatoys, yang penting spesifikasi terpenuhi. Produk Abacus Tegak yang kemudian Omochatoys buat adalah:


Abacus Tegak

Distributor kreatif, terkait dengan Sempoa, minggu lalu (17 April 2013), Omochatoys mendapat pertanyaan dari seorang distributor Omocha di Surabaya. (Terima kasih ibu Cisca)

Hai omocha,

Customer menanyakan cara main sempoa.

Apa bs tolong diinfo kan ke saya bagaimana cara main dan manfaat sempoa berdiri-ala omocha ?

Tks

Omochatoys membalas dengan jawaban yang intinya seperti di atas. Tulisan pada artikel ini sudah sedikit dikembangkan.

Di akhir jawaban Omochatoys menulis "Pinter-pinternya kita pedagang untuk promosi dan jualan bu..... :)"

Kemudian dijawab oleh bu Cisca

Terima kasih banyak bu Yuni.

Semoga Omocha semakin sukses.

Senang berjualan OMOCHA ^_^

Terima kasih kembali bu Cisca. Kami juga senang bisa menjadi suplier ibu Cisca. Kami akan tetap berusaha sebaiknya-baiknya dalam pelayanan agar tetap menjadi salah satu alternatif pilihan suplier bagi bu Cisca.

Distributor kreatif, sudah saatnya mengakhiri artikel ini. Nanti kalau kepanjangan, yang bacanya jadi ngantuk.

Sebelum diakhiri, mari kita samakan persepsi kita tentang bisnis dan produk mainan edukatif.

Distributor kreatif, pasar utama kita adalah ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai anak balita. Bapak-bapaknya bagaimana? Bapak-bapaknya juga, tetapi secara umum, lebih banyak ke ibunya bukan?

Pasar kita adalah orang tua, tetapi bagaimanapun End User (pemakai akhir) produk kita adalah anak balita. Anak di bawah lima tahun lho.

Mainan Edukatif adalah Mainan. Fungsi mainan adalah untuk membuat anak gembira. Jika anak gembira, maka fungsi mainan sudah terpenuhi. Ini yang pertama. Mainan Edukatif, sesuai dengan namanya, mempunyai fungsi edukasi. Yaitu, menstimulasi kecerdasan anak. Tapi stimulasi untuk balita. Ini harus digaris bawahi.

Stimulasi untuk anak balita, tidak boleh rumit-rumit. Jadi fungsi mainan edukatif yang Omochatoys buat juga tidak ada yang rumit-rumit. Tidak rumit, tetapi distributor mungkin juga perlu berimajinasi untuk bisa menerangkan fungsi mainan edukatif jika ada yang bertanya. Imajinasi itu penting lho. Kata Einstein:

"Imagination is more important than knowledge."

"Imajinasi Lebih Penting dari pada Ilmu Pengetahuan."

Bukan penulis yang ngomong, tapi Einstein. Jadi kalau pembaca mau protes, bahwa Ilmu Pengetahuan lebih penting, silakan protes ke Einstein. Penulis hanya mengutip saja [3].

Masih banyak kutipan lain dari Einstein terkait imajinasi, antaral lain:

 "The true sign of intelligence is not knowledge but imagination."

"Kecerdasan sejati, bukanlah pengetahuan tetapi imajinasi."

Sekalian mengingatkan deh .... penulis rasa, distributor juga sudah paham semua, mainan edukatif juga berfungsi untuk mengembangkan imajinasi. Dan dari tulisan cara bermain sempoa dan abacus di atas, orang tua diminta untuk ikut bermain bersama anak. Artinya apa? Artinya adalah mainan edukatif juga berfungsi sebagai media komunikasi anak dan orang tua. Ini juga sales point mainan edukatif.

Distributor kreatif, pada intinya Anak dikasih mainan apapun senang. Bahkan seperti gambar anak-anak bu Yuni di atas. Main di pasir pun anak sudah senang. Mainan edukatif adalah mainan yang dengan sengaja dibuat untuk tidak hanya membuat anak senang bermain tapi juga membuat anak belajar. Play and Learn With Toys, Belajar dan Bermain dengan Mainan.

Pada dunia mainan, yang berlaku adalah bukan ABS (Asal Bapak Senang) tapi A2S dulu (Asal Anak Senang). Karena itu, jika Anak sudah senang maka sebetulnya tujuan mainan sudah tercapai. Jika anak senang, bapak juga senang. Jika bapak senang, maka ibu juga senang .... dong... Happy ..... happy....

REFERENSI:

[1] Wikipedia, http://en.wikipedia.org/wiki/Abacus

[2] Blog Aristoteles, http://blog.aristotelesmeneses.com.br/2009/10/soroban-o-que-e-isso.html

[3] Brainyquote, http://www.brainyquote.com/quotes/quotes/a/alberteins129815.html

___ 00 ___