When the world says, "Give up,"
Hope whispers, "Try it one more time."
~Author Unknown

Pembaca punya situs web? Jika pembaca punya situs web dan percaya diri bahwa situs tersebut menarik, kenapa tidak didaftarkan ke Google Adsense? Melalui Google Adsense pembaca bisa mendapatkan penghasilan tambahan (passive income). Cek linknya http://www.google.com/adsense.

Jika menu bahasa yang dipilih adalah “Indonesia”, terlihat kalimat “Dapatkan penghasilan dari Google Search di situs web Anda”. Anda bisa mendapat penghasilan dengan meletakkan search engine Google di situs Anda. Sekarang coba kita pilih menu bahasa dalam bahasa Inggris, 

Jika menu bahasa yang dipilih adalah “English (US), terlihat kalimat “Maximize revenue from your online content”.  Melalui online content, memungkinkan iklan yang terpasang lebih banyak.

Saat ini, saat tulisan ini dibuat tanggal 8 Oktober 2009, pada Google Adsense dalam bahasa Indonesia belum tersedia  Adsense untuk konten. Lihat gambar di bawah. Tertulis, “Saat ini kami tidak menawarkan Adsenseuntuk Konten dalam bahasa Indonesia.

Sedang jika Adsense bahasa Inggris, Jepang atau bahasa “major” lainnya tersedia pilihan Adsense untuk konten. Karena , bahasa utama situs ibu Yuni (www.omochatoys.com) adalah bahasa Indonesia, Ibu Yuni punya ID Adsense dalam bahasa Indonesia. Sedang pak Yoyok (suami bu Yuni) punya ID Adsense untuk situs dalam salah satu bahasa major. Karena itu, pak Yoyok bisa menggunakan code Adsense untuk konten. Oke, mungkin pembaca masih agak bingung, maksud apa itu “code Adsense untuk konten”, atau apa itu “Adsense untuk pencarian”,  Atau apa itu “feed” ......Smile

Baiklah ….. memang tidak bisa cepat-cepat mengerti kok…. Santai saja....Pelan-pelan nanti kan mengerti sendiri. Yang penulis ingin sampaikan adalah seperti yang tertulis di kalimat pertama paragraf pertama tulisan ini, Jika pembaca punya situs web, dan situs tersebut menarik, maka pembaca punya kesempatan untuk mendapatkan passive income dari situs tersebut. Yang penting pembaca “PD” dulu (dibaca “pede” ; singkatan dari percaya diri), terus coba daftar ke Google (link ada di atas). Hasilnya bagaimana?..... Hasilnya tidak usah dipikirkan, yang penting dicoba dulu…. Iya gak? Selain PD, hal lain yang mungkin diperlukan adalah kreativitas.

Dan kalau bisa, daftarkan situs dalam “bahasa Major”. Penulis belum tahu bahasa apa saja yang masuk dalam kategori major saat ini. Saat awal Google Adsense, ada tujuh bahasa major ini, yaitu Inggris, Jepang, Jerman, Italia, Perancis … dua lagi lupa…

O ya, daftar situs kita di Google, GRATIS kok ....

Pak Yoyok sudah pernah dapat hasil dari Google Adsense ini. Jika sudah melewati angka nominal  tertentu, maka Google akan mengirim melalui Western Union. Praktis kan. Dulu pakai cek, untuk mencairkan repot, sekarang sudah jamannya elektronik, jadi lebih praktis.
Gambar dibawah memperlihatkan Statement of Earning dari Google.

Kemudian kita catat no MTCN (Money Transfer Control Number), atau Payment Number. Cukup bawa KTP atau kartu identitas lain, ke Bank atau kantor pos yang ada fasilitas Western Union. Gambar di bawah memperlihatkan Final Receipt dari Western Union pada bank Mandiri KCP Sholeh Iskandar Bogor. Kita terima dalam bentuk rupiah.

Oke pembaca, silakan dicoba. Salam Kreatif.